Kerja Praktik : ProloGUE

Bulan ini akhir semester 6 sudah mencapai klimaksnya setelah nilai akhir keluar di OL.akademik (situs paling angker di ITB). Aktifitas di kampus pun mulai berkurang, seiring migrasi besar-besaran penduduk kampung gajah ke daerah asalnya masing-masing. Beberapa aktifitas yang masih kelihatan diantaranya anak-anak 2011 dan 2012 yang sedang mempersiapkan penyambutan mahasiswa baru tahun ini, anak-anak baru angkatan 2013 yang mulai matrikulasi dan daftar ulang setelah diterima SNMPTN, ditambah angkatan tua yang sibuk merampungkan TAnya masing-masing dan persiapan sidang.

Untuk anak-anak tingkat 3 akhir macem saya ini, hal umum yang dilakukan adalah melaksanakan Kerja Praktek (KP). Tidak semua jurusan di ITB mewajibkan KP, contohnya jurusan-jurusan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) seperti Matematika dan Fisika yang tidak mewajibkan. Kalau di jurusan Teknik Informatika (IF) sendiri kerja praktek menjadi mata kuliah yang wajib diambil setelah menjalani tingkat 3. Destinasi kerja praktek ini bisa beragam, ada yang pergi ke perusahaan-perusahaan IT terkemuka (Microsoft, IBM, dll), ada yang ke BUMN (Pertamina, dll), ada yang ke Bank (BI, dll), dan ada juga yang seperti saya berlabuh di perusahaan-perusahaan start-up.

Oiya, KP di lingkungan informatika (IF dan STI) sebenarnya boleh dilakukan secara berkelompok, tapi karena satu dan lain hal saya memilih melakukan KP ini sendiri di perusahaan start-up game Arsanesia (nama legalnya PT. Arsa Grup Indonesia). Arsanesia ini perusahaan game buatan mahasiswa informatika 2008, salah satunya ada Kak Adam, founder sekaligus CEO Arsanesia.

any comments?